HowTo

Jenis-Jenis Prosesor AMD dan Tingkatannya

×

Jenis-Jenis Prosesor AMD dan Tingkatannya

Sebarkan artikel ini

Yowatech.id – Prosesor AMD. AMD (Advanced Micro Devices) prosesor ini merupakan saingan prosesor intel. Prosesor merupakan otak pada komputer yang digunakan untuk memproses, Jadi semakin tinggi spesifikasi prosesornya, Maka akan semakin tinggi pula performance komputer Anda.

Ketika ingin membeli sebuah PC / Laptop, tentunya yang penting di perhatikan adalah prosesornya terlebih dahulu. Seperti saat ini, Prosesor AMD sudah cukup menjadi populer saat ini. Bagi peminat prosesor ini, berikut adalah tingkatan prosesor AMD yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli: Baca Juga: Urutan Prosesor HP Terbaik Untuk Gaming.

Advertise
Advertise

Urutan Processor AMD Ryzen dari Terendah Sampai Tertinggi

Disini ada beberapa bagian prosesor AMD yang perlu Anda ketahui mulai dari AMD Ryzen dari Terendah Sampai Tertinggi berikut dibawah ini:

AMD K5

Urutan terendah pada AMD yaitu AMDK5, dimana ini merupakan prosesor pertama pada AMD. Awalnya prosesor ini di produksi hanya untuk alternatif pada perangkat intel. Namun keunggulan dari AMD K5 ini adalah salah satu prosesor yang berhasil bersinkronisasi dengan arsitektur X86. Namun, karena AMD kalah saing dengan intel pada saat itu AMD K5 harus mengakui kekalahan dengan intel saat lalu.

AMD K6

Diupgrade menjadi AMDK-6 yang memperbaharui dari AMDK-5 diatas. Hadirnya K6 ini, akhirnya mendapatkan suport dari semua motherboard komputer yang awalnya prosesor hanya dapat digunakan untuk prosesor intel. Dan pada saat inilah prosesor AMD dan intel mulai bersaing.

READ  Cara Mengatasi Gaming Features Arent Available Windows

AMD Duron

Pada tahun berikutnya tepatnya 2000an, AMD kembali rilis produk prosesor seri Duron. Pada saat munculnya prosesor terbaru ini menjadi salah satu prosesor kelas menengah yang telah dibuat oleh AMD. Dengan harga yang cukup murah banyak pengguna yang membeli AMD produk Duron saat itu.

AMD Athlon

Setelah meraih kehebatan dari AMD Duron, Urutan processor AMD dari menengah sampai tinggi dilanjutkan dengan merilis versi baru lagi yaitu AMD Athlon. Dimana prosesor ini memiliki keunggulan lebih dari Duron diatas tadi. Pada masa itu, AMD Athlon ini bersaing dengan pengguna intel pentium II dipasar pada saat itu.

AMD Sempron

Ini merupakan seri yang menjadi saingan pada intel Celeron. Hal menarik dari AMD ini ialah mempunyai dua jenis socket processor yang dapat dipakai yaitu AMD sempron soket A dan AMD sempron socket 754. Tetapi kekurangannya Amd Sempron ini hanya bisa digunakan pada komputer sistem operasi 32 Bit saja.

AMD Opteron

Ini merupakan seri prosesor AMD yang di produksi untuk kebutuhan komputer server dan komputer wordstation. Yang memiliki dua cache berbeda tentu saja dapat membuat kinerja AMD Opteron ini menjadi lebih maksimal.

AMD Ryzen

Prosesor terakhir buatan AMD adalah AMD Ryzen. Semenjak diproduksinya AMD ryzen ini membuat persaingan pasar AMD dan Intel kembali memanas. Namun, harga pada AMD ini cukup mahal dibandingkan dengan AMD sebelumnya. Tentunya spesfikasi AMD ryzen ini memiliki kemampuan yang meningkat secara signifikan.

Urutan Processor AMD Radeon

AMD Radeon RX 6400 dan RX 6500 XT

Amd Radeon ini merupakan dua GPU desktop terbaru dari AMD yang akan memberkan pengalaman bermain game lebih baik dengan 1080p. Kedua GPU ini telah dirancang menggunakan arsitektur RDNA 2 dengan proses Pabrikasi 6nm. Teknologi yang dimiliki seperti AMD infinity Cache Memori, Memori GDDR6, SO (Sistem Operasi) Windows 11 , 10, DirectX 12 Ultimate, AMD FidelityFX dan masih banyak kelebihannya lagi.

READ  15+ Rekomendasi Aplikasi Dance Ganti Wajah Untuk Android & iOS Terbaru

Dibawah ini, Merupakan spesifikasi dari GPU Radeon RX 6400 dan TX 6500 XT Lengkap:

ModelCompute UnitsMemory BandwidthVRAMGPU Clock (Base/Boost)
AMD Radeon RX 640012129 GB/s4 GB GDDR62039 MHz/2321 MHz
AMD Radeon RX 6500 XT16144 GB/s4 GB GDDR62610 MHz/2815 MHz
spesfikasi AMD Radeon

Urutan Processor AMD A9

AMD A9-9420

Prosesor AMD A9 ini memiliki dua core CPU. Satu modul Excavator dengan 2 Integer pada unit FP dengan speed 3,0 – 3,6 Ghz. Prosesor ini didukung oleh GPU Radeon R5 dengan 192 Shader. Processor AMD ini memiliki Clock 800 MHz serta memory controller DDR4 single channel. Dan video engine, chipset dengan semua port I / O.

Urutan Processor AMD Athlon Gold

Athlon Gold 3150U

Prosesor AMD Athlon™ Gold 3150U ini memiliki dua core CPU. Satu modul Excavator dengan 2 Integer pada unit FP dengan speed 3.3GHz. Prosesor ini didukung oleh GPU Radeon dengan prosesor teknologi cpu core 14nanometer. Processor AMD ini memiliki Clock 1000 MHz serta memory controller DDR4 dengan 2 channel. Dan video engine, chipset dengan semua port I / O. Suport pada sistem operasi windows 10 dan 11, Ubuntu.