Programming

7+ Cara Membuat Persegi Panjang di Netbeans

×

7+ Cara Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Sebarkan artikel ini
Membuat Persegi Panjang di Netbeans
Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Yowatech.idMembuat Persegi Panjang di Netbeans. Persegi panjang adalah salah satu bentuk geometri yang sangat umum dan sering digunakan dalam dunia pemrograman.

Dalam pengembangan aplikasi, seringkali kita memerlukan fitur untuk membuat persegi panjang, baik itu untuk tujuan visualisasi, pemrosesan gambar, atau pembuatan game.

Advertise
Advertise

NetBeans adalah salah satu IDE yang populer dan sering digunakan dalam pengembangan aplikasi Java. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat persegi panjang di NetBeans.

Terdapat beberapa cara untuk membuat persegi panjang di NetBeans, mulai dari yang paling sederhana hingga yang lebih kompleks.

Beberapa cara tersebut menggunakan komponen standar Java seperti JPanel dan JLabel, sedangkan cara lainnya menggunakan class-class khusus seperti BufferedImage dan JComponent.

Oleh karena itu, penting bagi pembaca untuk memahami keunggulan dan kelemahan masing-masing cara dalam membuat persegi panjang.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan 7 contoh cara membuat persegi panjang di NetBeans beserta penjelasannya.

Dengan mempelajari contoh-contoh tersebut, pembaca akan memahami konsep dasar dalam membuat persegi panjang di NetBeans dan dapat mengembangkan program-program yang lebih kompleks.

Contoh 1 Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Menggunakan JFrame dan JPanel

Code:

import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;

public class Main extends JFrame {
    public static void main(String[] args) {
        JFrame frame = new JFrame("Persegi Panjang");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

        JPanel panel = new JPanel() {
            public void paintComponent(Graphics g) {
                super.paintComponent(g);
                g.drawRect(50, 50, 100, 50);
            }
        };
        frame.add(panel);
        frame.setSize(300, 200);
        frame.setVisible(true);
    }
}

Langkah pertama adalah membuat JFrame dan JPanel. Kemudian, pada JPanel tersebut dibuat sebuah persegi panjang dengan menggunakan method drawRect pada class Graphics.

READ  Cara Membuat Game Sederhana Dengan Python

Contoh 2 Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Menggunakan Canvas

Code:

import java.awt.Canvas;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        JFrame frame = new JFrame("Persegi Panjang");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

        Canvas canvas = new MyCanvas();
        canvas.setSize(300, 200);
        frame.add(canvas);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);
    }
}

class MyCanvas extends Canvas {
    public void paint(Graphics g) {
        g.setColor(Color.BLACK);
        g.drawRect(50, 50, 100, 50);
    }
}

Pada contoh kedua ini, kita akan menggunakan class Canvas untuk membuat persegi panjang. Dalam class MyCanvas, kita akan meng-override method paint dan membuat persegi panjang dengan menggunakan method drawRect.

Contoh 3 Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Menggunakan JLabel

Code:

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JLabel;
import javax.swing.JPanel;

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        JFrame frame = new JFrame("Persegi Panjang");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

        JPanel panel = new MyPanel();
        frame.add(panel);
        frame.setSize(300, 200);
        frame.setVisible(true);
    }
}

class MyPanel extends JPanel {
    public void paintComponent(Graphics g) {
        super.paintComponent(g);
        g.setColor(Color.BLACK);
        g.drawRect(50, 50, 100, 50);
    }
}

Pada contoh ketiga ini, kita akan menggunakan class JLabel untuk membuat persegi panjang. Dalam class MyPanel, kita akan meng-override method paintComponent dan membuat persegi panjang dengan menggunakan method drawRect.

Contoh 4 Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Menggunakan JComponent

Code:

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JComponent;
import javax.swing.JFrame;

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        JFrame frame = new JFrame("Persegi Panjang");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

        JComponent component = new MyComponent();
        frame.add(component);
        frame.setSize(300, 200);
        frame.setVisible(true);
    }
}

class MyComponent extends JComponent {
    public void paintComponent(Graphics g) {
        g.setColor(Color.BLACK);
        g.drawRect(50, 50, 100, 50);
    }
}

Pada contoh keempat ini, kita akan menggunakan class JComponent untuk membuat persegi panjang. Dalam class MyComponent, kita akan meng-override method paintComponent dan membuat persegi panjang dengan menggunakan method drawRect.

Contoh 5 Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Menggunakan JPanel dan method

Code:

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        JFrame frame = new JFrame("Persegi Panjang");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

        JPanel panel = new MyPanel();
        frame.add(panel);
        frame.setSize(300, 200);
        frame.setVisible(true);
    }
}

class MyPanel extends JPanel {
    public void paintComponent(Graphics g) {
        super.paintComponent(g);
        drawRectangle(g, 50, 50, 100, 50);
    }

    private void drawRectangle(Graphics g, int x, int y, int width, int height) {
        g.setColor(Color.BLACK);
        g.drawRect(x, y, width, height);
    }
}

Pada contoh kelima ini, kita akan menggunakan JPanel dan method untuk membuat persegi panjang. Dalam class MyPanel, kita akan membuat method drawRectangle yang akan digunakan untuk membuat persegi panjang.

READ  5+ Contoh Script Python Gambar Keren

Contoh 6 Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Menggunakan BufferedImage

Code:

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.image.BufferedImage;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        JFrame frame = new JFrame("Persegi Panjang");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

        JPanel panel = new MyPanel();
        frame.add(panel);
        frame.setSize(300, 200);
        frame.setVisible(true);
    }
}

class MyPanel extends JPanel {
    public void paintComponent(Graphics g) {
        super.paintComponent(g);
        BufferedImage image = new BufferedImage(150, 50, BufferedImage.TYPE_INT_ARGB);
        Graphics imageGraphics = image.createGraphics();
        imageGraphics.setColor(Color.BLACK);
        imageGraphics.drawRect(0, 0, 100, 50);
        g.drawImage(image, 50, 50, null);
    }
}

Pada contoh keenam ini, kita akan menggunakan class BufferedImage untuk membuat persegi panjang. Dalam class MyPanel, kita akan membuat BufferedImage dan membuat persegi panjang pada gambar tersebut.

Contoh 7 Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Menggunakan JApplet

Code:

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JApplet;

public class Main extends JApplet {
    public void init() {
        setSize(300, 200);
    }

    public void paint(Graphics g) {
        g.setColor(Color.BLACK);
        g.drawRect(50, 50, 100, 50);
    }
}

Pada contoh terakhir ini, kita akan menggunakan class JApplet untuk membuat persegi panjang. Dalam class MyPanel, kita akan meng-override method paint dan membuat persegi panjang dengan menggunakan method drawRect.

Penutup, Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Dalam dunia pemrograman, kemampuan untuk membuat persegi panjang merupakan dasar yang penting untuk dikuasai.

Dalam artikel ini, kami telah membahas 7 cara yang berbeda untuk membuat persegi panjang di NetBeans.

Mulai dari cara yang sederhana dengan menggunakan JPanel dan JLabel hingga cara yang lebih kompleks dengan menggunakan class-class khusus seperti BufferedImage dan JComponent.

Perlu diingat bahwa dalam membuat program, penting untuk memilih cara yang paling tepat dan efektif sesuai dengan kebutuhan program yang sedang dibuat.

Oleh karena itu, pembaca diharapkan dapat memahami keunggulan dan kelemahan masing-masing cara yang telah dijelaskan dalam artikel ini.

READ  7+ Contoh Program Java Netbeans Jframe

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin memperluas pengetahuan dalam pemrograman Java khususnya dalam membuat persegi panjang di NetBeans.

Selalu ingat untuk terus belajar dan berlatih sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam pemrograman dan menciptakan program-program yang inovatif dan berguna bagi banyak orang.