Programming

10+ Contoh Program Perulangan Javascript

×

10+ Contoh Program Perulangan Javascript

Sebarkan artikel ini
Contoh Program Perulangan Javascript
Contoh Program Perulangan Javascript

Yowatech.idContoh Program Perulangan Javascript. Perulangan merupakan salah satu fitur penting pada bahasa pemrograman, termasuk pada JavaScript.

Dengan menggunakan perulangan, Anda dapat melakukan tindakan yang sama berulang kali dengan cara yang efisien dan efektif.

Advertise
Advertise

Berikut ini adalah 7 contoh program perulangan JavaScript beserta penjelasannya, serta fungsi-fungsi bawaan yang dapat digunakan pada objek array.

Dengan mengetahui jenis-jenis perulangan pada JavaScript, Anda dapat membuat program yang lebih efisien dan fleksibel. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang contoh program perulangan JavaScript berikut:

Contoh 1 Program Perulangan Javascript (For Loop)

for (var i = 0; i < 5; i++) {
  console.log(i);
}

Program di atas menggunakan perulangan for untuk menampilkan angka dari 0 hingga 4 pada konsol. Variabel i akan diberikan nilai awal 0, dan akan dilakukan perulangan selama i kurang dari 5. Pada setiap iterasi, nilai i akan ditambahkan 1.

Contoh 2 Program Perulangan Javascript (For/In Loop)

var obj = {a: 1, b: 2, c: 3};
for (var prop in obj) {
  console.log(prop + ': ' + obj[prop]);
}

Program di atas menggunakan perulangan for/in untuk menampilkan properti dan nilai dari sebuah objek pada konsol. Variabel prop akan menyimpan nama properti pada setiap iterasi, dan obj[prop] akan memberikan nilai dari properti tersebut.

READ  23+ Source Code Program Perpustakaan Java Netbeans

Contoh 3 Program Perulangan Javascript (While Loop)

var i = 0;
while (i < 5) {
  console.log(i);
  i++;
}

Program di atas menggunakan perulangan while untuk menampilkan angka dari 0 hingga 4 pada konsol. Perulangan akan dilakukan selama i kurang dari 5, dan pada setiap iterasi, nilai i akan ditambahkan 1.

Contoh 4 Program Perulangan Javascript (Do/While Loop)

var i = 0;
do {
  console.log(i);
  i++;
} while (i < 5);

Program di atas menggunakan perulangan do/while untuk menampilkan angka dari 0 hingga 4 pada konsol. Perulangan akan dilakukan setidaknya satu kali, dan akan berlanjut selama i kurang dari 5. Pada setiap iterasi, nilai i akan ditambahkan 1.

Contoh 5 Program Perulangan Javascript (For/Of Loop)

var arr = [1, 2, 3];
for (var elem of arr) {
  console.log(elem);
}

Program di atas menggunakan perulangan for/of untuk menampilkan nilai dari sebuah array pada konsol. Variabel elem akan menyimpan nilai dari setiap elemen array pada setiap iterasi.

Contoh 6 Program Perulangan Javascript (Nested Loop)

for (var i = 0; i < 3; i++) {
  for (var j = 0; j < 2; j++) {
    console.log(i + ',' + j);
  }
}

Program di atas menggunakan perulangan nested (bersarang) untuk menampilkan kombinasi angka dari 0 hingga 2 dan dari 0 hingga 1 pada konsol. Perulangan dalam akan dilakukan pada setiap iterasi perulangan luar.

Contoh 7 Program Perulangan Javascript (Break and Continue)

for (var i = 0; i < 5; i++) {
  if (i === 3) {
    continue;
  }
  if (i === 4) {
    break;
  }
  console.log(i);
}

Program di atas menggunakan pernyataan break dan continue pada perulangan for untuk menghentikan atau melanjutkan perulangan pada kondisi tertentu. Jika nilai i sama dengan 3, maka perulangan akan melanjutkan ke iterasi berikutnya. Jika nilai i sama dengan 4, maka perulangan akan dihentikan.

Penjelasan:

Perulangan JavaScript digunakan untuk melakukan tindakan yang sama berulang kali. Terdapat beberapa jenis perulangan yang dapat digunakan dalam JavaScript, seperti for, while, do/while, for/in, for/of, dan nested loop.

READ  6+ Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

For Loop adalah jenis perulangan yang paling umum digunakan pada JavaScript. Perulangan ini digunakan untuk melakukan tindakan berulang kali dengan jumlah iterasi yang telah ditentukan sebelumnya.

For/In Loop digunakan untuk mengulang objek, sementara For/Of Loop digunakan untuk mengulang elemen array.

While Loop dan Do/While Loop digunakan untuk melakukan perulangan selama kondisi tertentu terpenuhi. Perulangan ini akan terus dilakukan sampai kondisi tidak lagi terpenuhi.

Nested Loop digunakan untuk melakukan perulangan dalam perulangan, sehingga dapat melakukan tindakan berulang kali pada setiap elemen.

Pernyataan break dan continue digunakan untuk menghentikan atau melanjutkan perulangan pada kondisi tertentu.

Break digunakan untuk menghentikan perulangan sepenuhnya, sementara continue digunakan untuk melompati satu iterasi perulangan dan melanjutkan ke iterasi berikutnya.

Selain itu, dalam JavaScript juga terdapat fungsi-fungsi bawaan yang dapat digunakan untuk melakukan perulangan. Diantaranya adalah fungsi forEach(), map(), dan filter() pada objek array.

Contoh 8 Program Perulangan Javascript (forEach())

Fungsi forEach() digunakan untuk mengulang setiap elemen pada array, dan melakukan tindakan tertentu pada setiap elemen. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

var arr = [1, 2, 3];
arr.forEach(function(elem) {
  console.log(elem);
});

Contoh 9 Program Perulangan Javascript ( map())

Fungsi map() digunakan untuk membuat array baru dengan melakukan operasi pada setiap elemen array yang ada. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

var arr = [1, 2, 3];
var newArr = arr.map(function(elem) {
  return elem * 2;
});
console.log(newArr); // Output: [2, 4, 6]

Contoh 10 Program Perulangan Javascript ( filter())

Fungsi filter() digunakan untuk membuat array baru dengan hanya menyertakan elemen yang memenuhi kondisi tertentu. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut.

var arr = [1, 2, 3, 4, 5];
var newArr = arr.filter(function(elem) {
  return elem % 2 === 0;
});
console.log(newArr); // Output: [2, 4]

Dengan menggunakan fungsi-fungsi bawaan ini, Anda dapat membuat program yang lebih mudah dibaca dan diatur.

READ  7+ Cara Membuat Persegi Panjang di Netbeans

Selain itu, dengan menggunakan fungsi-fungsi bawaan ini, Anda dapat menghemat waktu dalam membuat program, karena tidak perlu menulis perulangan secara manual.

Penutup, Contoh Program Perulangan Javascript

Itulah 7 contoh program perulangan JavaScript beserta penjelasannya, serta fungsi-fungsi bawaan yang dapat digunakan pada objek array.

Dengan menguasai jenis-jenis perulangan pada JavaScript, Anda dapat membuat program yang lebih efisien dan fleksibel.

Selain itu, dengan menggunakan fungsi-fungsi bawaan yang telah disediakan, Anda dapat menghemat waktu dalam membuat program dan membuat kode yang lebih mudah dibaca dan diatur.

Ingatlah bahwa latihan adalah kunci untuk menguasai perulangan pada JavaScript.

Teruslah berlatih dengan membuat program-program sederhana dengan perulangan, dan jangan takut untuk bereksperimen dengan kode yang telah ada.

Semoga contoh program perulangan JavaScript ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan aplikasi web Anda!