Programming

6+ Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

×

6+ Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Sebarkan artikel ini
Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python
Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Yowatech.idContoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python. Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat digunakan untuk menulis perangkat lunak yang bervariasi, mulai dari aplikasi web, desktop, sampai ke sistem operasi. Python dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Guido van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991. Sejak itu, Python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler di dunia, dengan basis pengguna yang luas dan komunitas yang aktif.

Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python. Salah satu kelebihan Python adalah sintaks yang mudah dipahami dan dibaca, sehingga memudahkan pemula untuk belajar dan mengembangkan aplikasi dengan cepat. Python juga memiliki banyak library dan framework yang dapat membantu developer dalam menyelesaikan berbagai macam tugas, seperti pengolahan data, analisis, dan pembelajaran mesin. Python juga dapat dijalankan di berbagai platform, seperti Windows, Mac, Linux, dan bahkan di perangkat mobile seperti Android.

Advertise
Advertise

Baca Juga: 6+ Contoh Program Python Mengetahui Stok Barang

Contoh 1 Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python. Untuk menghitung nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) sederhana, Anda dapat menggunakan skrip Python berikut:

# list nilai mata kuliah
nilai_mk = [3.0, 3.5, 3.5, 3.0, 4.0]

# hitung total sks
total_sks = 0
for mk in nilai_mk:
  total_sks += mk

# hitung nilai IPK
ipk = total_sks / len(nilai_mk)

# cetak nilai IPK
print(ipk)

Dalam skrip di atas, list nilai_mk berisi nilai mata kuliah yang diambil, di mana setiap elemen merupakan nilai yang diberikan dalam skala 0-4. Kemudian, kita menghitung total sks dengan menjumlahkan semua elemen dari list nilai_mk, dan menghitung nilai IPK dengan membagi total sks dengan jumlah mata kuliah yang diambil.

Untuk menghitung nilai IPK yang lebih akurat, Anda mungkin perlu menambahkan informasi tentang sks masing-masing mata kuliah dan menggunakan konversi nilai yang sesuai. Anda juga mungkin perlu menambahkan pembulatan dan menampilkan nilai IPK dalam format yang sesuai (misalnya, dengan menggunakan 2 angka di belakang koma). Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python.

Contoh 2 Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Untuk menghitung nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) sederhana menggunakan Python, Anda bisa menggunakan kode seperti ini:

READ  7+ Contoh Program Java Struk Belanja
# Assume that the grades and credit hours for each course are stored in lists
grades = [4.0, 3.7, 3.3, 3.0, 2.7, 4.0]
credit_hours = [3, 3, 3, 3, 3, 4]

# Calculate the total number of credit hours
total_credit_hours = sum(credit_hours)

# Calculate the total grade points by multiplying each grade by its corresponding credit hours
total_grade_points = sum([grade * credit_hours[i] for i, grade in enumerate(grades)])

# Calculate the GPA by dividing the total grade points by the total credit hours
gpa = total_grade_points / total_credit_hours

# Print the GPA
print(f"GPA: {gpa:.2f}")

Output:

Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Ini adalah implementasi sederhana yang asumsi bahwa nilai dan jumlah sks masing-masing mata kuliah disimpan dalam list. Kemudian, kita menghitung jumlah sks total dengan menggunakan fungsi sum, menghitung total nilai dengan membagi nilai masing-masing mata kuliah dengan sks-nya, dan kemudian menghitung IPK dengan membagi total nilai dengan jumlah sks total.

Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python. Untuk menghitung IPK yang lebih kompleks, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan struktur data yang lebih sesuai seperti dictionary atau objek untuk menyimpan informasi tentang masing-masing mata kuliah, seperti nama, nilai, dan jumlah sks.

Baca Juga: Membuat Program Untuk Menghitung Jumlah Pecahan Mata Uang

Contoh 3 Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Untuk menghitung nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) atau rata-rata nilai mahasiswa, Anda dapat menggunakan kode Python berikut:

# Mendefinisikan variabel untuk menyimpan jumlah sks dan total nilai
total_sks = 0
total_nilai = 0

# Meminta input jumlah mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa
jumlah_mk = int(input("Berapa jumlah mata kuliah yang Anda ambil: "))

# Meminta input nilai dan sks masing-masing mata kuliah
for i in range(jumlah_mk):
  print("Mata kuliah ke-", i+1)
  nilai = int(input("Masukkan nilai mata kuliah: "))
  sks = int(input("Masukkan jumlah sks mata kuliah: "))
  total_nilai += nilai * sks
  total_sks += sks

# Menghitung nilai IPK
ipk = total_nilai / total_sks

# Menampilkan nilai IPK
print("Nilai IPK Anda adalah", ipk)

Di sini, kode di atas akan meminta input jumlah mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa, kemudian meminta input nilai dan sks masing-masing mata kuliah. Setelah itu, kode akan menghitung nilai IPK dengan menjumlahkan semua nilai dikali sks, kemudian dibagi dengan jumlah total sks yang diambil. Nilai IPK kemudian akan ditampilkan ke layar.

READ  6+ Membuat Program Untuk Menghitung Jumlah Pecahan Mata Uang

Sebagai contoh, jika mahasiswa mengambil 3 mata kuliah dengan nilai dan sks sebagai berikut:

  • Nilai: 80, sks: 3
  • Nilai: 90, sks: 3
  • Nilai: 75, sks: 3

Maka nilai IPK yang akan dihitung adalah: (803 + 903 + 75*3) / (3+3+3) = 85.

Perhatikan bahwa nilai IPK yang dihitung oleh kode di atas hanya merupakan nilai sederhana yang tidak memperhitungkan bobot mata kuliah atau kategori mata kuliah (wajib, pilihan, atau kewajiban khusus). Jika Anda ingin menghitung nilai IPK dengan mengacu pada bobot mata kuliah, Anda dapat menambahkan logika tambahan untuk memperhitungkannya.

Output:

Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Baca Juga: 6+ Contoh Program Python Menghitung Sisa Uang

Contoh 4 Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Untuk menghitung nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) sederhana dengan Python, Anda dapat menggunakan rumus IPK = (total sks yang ditempuh) / (total sks yang dapat diambil). Misalnya, jika Anda telah mengambil 120 sks dengan total nilai A = 400, maka Anda dapat menghitung IPK Anda dengan menggunakan kode berikut:

total_sks = 120
total_nilai = 400

ipk = total_nilai / total_sks
print(ipk)

Ingat bahwa nilai IPK harus dikonversi ke dalam bentuk desimal, jadi jika Anda memiliki nilai A = 400 dan total sks yang diambil adalah 120, maka Anda perlu mengkonversi nilai A menjadi 4.0 sebelum membagi dengan total sks yang diambil.

Sebagai catatan, rumus di atas hanya merupakan cara sederhana untuk menghitung IPK. Dalam kenyataannya, ada banyak faktor lain yang perlu diperhitungkan dalam menghitung IPK, seperti bobot mata kuliah, nilai minimum yang dibutuhkan untuk lulus, dan lain-lain. Jika Anda ingin menghitung IPK dengan lebih akurat, maka Anda perlu menyesuaikan rumus di atas sesuai dengan aturan yang berlaku di institusi pendidikan Anda. Contoh Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python.

Output:

Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python
Output:

Contoh 5 Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Untuk menghitung nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) sederhana dengan Python, Anda dapat menggunakan rumus IPK = (Total SKS x Total Nilai)/Total SKS.

READ  7+ Contoh Program Java Array Data Barang

Berikut ini adalah contoh kode Python untuk menghitung nilai IPK:

Output:

Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Di sini, kode di atas akan meminta input jumlah SKS yang telah diambil oleh pengguna, kemudian akan meminta input nilai mata kuliah satu per satu. Setelah semua nilai mata kuliah dimasukkan, kode akan menghitung nilai IPK dengan rumus yang telah disebutkan sebelumnya, dan menampilkan hasilnya ke layar.

Sebagai catatan, nilai IPK yang dihasilkan oleh kode di atas hanya merupakan nilai sederhana dan tidak memperhitungkan bobot mata kuliah atau kategori mata kuliah yang diambil. Jika Anda ingin menghitung nilai IPK yang lebih akurat, Anda dapat memperhitungkan bobot mata kuliah atau kategori mata kuliah dengan menambahkan beberapa logika tambahan ke dalam kode di atas.

Baca Juga: 5+ Contoh Program Python Penjualan Mobil

Contoh 6 Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Untuk menghitung nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) sederhana, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

IPK = (Total SKS yang diambil * Total Nilai) / Total SKS yang diambil

Di mana:

  • Total SKS yang diambil adalah jumlah total sks yang telah Anda ambil selama masa kuliah.
  • Total Nilai adalah jumlah total nilai yang telah Anda peroleh selama masa kuliah.

Untuk menghitung nilai IPK sederhana ini, Anda perlu memasukkan data-data yang diperlukan ke dalam program Python. Berikut adalah contoh program sederhana yang dapat Anda gunakan sebagai acuan:

Output:

Program Menghitung Nilai IPK Sederhana Python

Catatan:

  • Di sini, kami asumsikan bahwa nilai yang diinput oleh user adalah nilai huruf (A, B, C, dst.), dan kami menggunakan skala nilai 4.0 untuk mengonversi nilai huruf tersebut menjadi nilai angka. Anda dapat menyesuaikan skala nilai yang digunakan sesuai dengan yang berlaku di institusi Anda.
  • Kami juga menampilkan nilai IPK dengan dua angka di belakang koma (misalnya, 3.14) dengan menambahkan format string :.2f pada saat mencetak nilai IPK.

Baca Juga: 6+ Contoh Program Python Penjualan Buah