7+ Contoh Program Java Netbeans Perpustakaan

Yowatech.idContoh Program Java Netbeans Perpustakaan. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi contoh program Java Netbeans untuk perpustakaan.

Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang penting bagi para pembaca dan penggemar buku, dan dengan adanya program ini, diharapkan dapat membantu para pengelola perpustakaan dalam mempermudah manajemen buku dan peminjaman.

Java Netbeans merupakan salah satu Integrated Development Environment (IDE) yang populer dan banyak digunakan oleh para pengembang aplikasi Java.

IDE ini menyediakan berbagai fitur yang mempermudah proses pengembangan, seperti fitur debugging, code completion, dan pengelolaan proyek yang terintegrasi dengan baik.

Contoh program Java Netbeans yang akan saya berikan dalam artikel ini tidak hanya untuk memperlihatkan sintaks dan struktur dasar dari bahasa pemrograman Java, tetapi juga untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana memanfaatkan berbagai fitur Netbeans untuk mempercepat proses pengembangan.

Dalam artikel ini, saya akan menggunakan bahasa Java versi 8 dan Netbeans versi 12.

Namun, jika Anda menggunakan versi yang berbeda, Anda tetap dapat mengikuti contoh program yang diberikan karena konsep dasar pemrograman Java tidak berubah secara signifikan dari versi ke versi. Mari kita mulai!

#1 Contoh Program Java Netbeans Perpustakaan

Program untuk Menambahkan Buku

Code:

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class AddBook extends JFrame {
    private JTextField titleField, authorField, publisherField;
    private JButton addButton;

    public AddBook() {
        super("Add Book");

        JPanel panel = new JPanel(new GridLayout(4, 2));
        panel.add(new JLabel("Title:"));
        titleField = new JTextField();
        panel.add(titleField);
        panel.add(new JLabel("Author:"));
        authorField = new JTextField();
        panel.add(authorField);
        panel.add(new JLabel("Publisher:"));
        publisherField = new JTextField();
        panel.add(publisherField);

        addButton = new JButton("Add");
        addButton.addActionListener(e -> {
            String title = titleField.getText();
            String author = authorField.getText();
            String publisher = publisherField.getText();
            // TODO: tambahkan kode untuk menyimpan data buku ke database
            JOptionPane.showMessageDialog(this, "Book added successfully.");
        });
        panel.add(addButton);

        setContentPane(panel);
        pack();
        setDefaultCloseOperation(JFrame.DISPOSE_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
}

Program ini akan menampilkan jendela untuk menambahkan buku ke perpustakaan. Jendela ini terdiri dari tiga field untuk mengisi judul, penulis, dan penerbit buku, serta tombol “Add” untuk menambahkan buku ke database.

Saat tombol “Add” ditekan, program akan mengambil data dari field input dan menyimpannya ke dalam database.

#2 Contoh Program Java Netbeans Perpustakaan

Program untuk Menampilkan Data Buku

Code:

import java.awt.*;
import javax.swing.*;
import javax.swing.table.DefaultTableModel;

public class BookList extends JFrame {
    private JTable table;

    public BookList() {
        super("Book List");

        DefaultTableModel model = new DefaultTableModel();
        model.addColumn("Title");
        model.addColumn("Author");
        model.addColumn("Publisher");

        // TODO: tambahkan kode untuk mengambil data buku dari database dan menambahkannya ke model

        table = new JTable(model);

        JScrollPane scrollPane = new JScrollPane(table);
        setContentPane(scrollPane);
        pack();
        setDefaultCloseOperation(JFrame.DISPOSE_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
}

Program ini akan menampilkan jendela untuk menampilkan daftar buku yang tersimpan dalam database.

Jendela ini berisi tabel yang menampilkan judul, penulis, dan penerbit buku. Program akan mengambil data buku dari database dan menampilkannya dalam tabel.

#3 Contoh Program Java Netbeans Perpustakaan

Program untuk Mengubah Data Buku

Code:

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class EditBook extends JFrame {
    private JTextField titleField, authorField, publisherField;
    private JButton saveButton;

    public EditBook(String title, String author, String publisher) {
        super("Edit Book");

        JPanel panel = new JPanel(new GridLayout(4, 2));
        panel.add(new JLabel("Title:"));
        titleField = new JTextField(title);
        panel.add(titleField);
        panel.add(new JLabel("Author:"));
        authorField = new JTextField(author);
        panel.add(authorField);
        panel.add(new JLabel("Publisher:"));
        publisherField = new JTextField(publisher);
        panel.add(publisherField);

        saveButton = new JButton("Save");
        saveButton.addActionListener(e -> {
            String newTitle = titleField.getText();
            String newAuthor = authorField.getText();
            String newPublisher = publisherField.getText();
            // TODO: tambahkan kode untuk mengubah data buku dalam database
            JOptionPane.showMessageDialog(this, "Book updated successfully.");
        });
        panel.add(saveButton);

        setContentPane(panel);
        pack();
        setDefaultCloseOperation(JFrame.DISPOSE_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
}

Program ini akan menampilkan jendela untuk mengubah data buku yang sudah tersimpan dalam database.

Jendela ini terdiri dari tiga field yang menampilkan judul, penulis, dan penerbit buku yang sudah ada.

Saat tombol “Save” ditekan, program akan mengambil data baru dari field input dan mengubah data buku yang sudah tersimpan dalam database.

#4 Contoh Program Java Netbeans Perpustakaan

Program untuk Menghapus Data Buku

Code:

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class DeleteBook extends JFrame {
    private JLabel titleLabel, authorLabel, publisherLabel;
    private JButton deleteButton;

    public DeleteBook(String title, String author, String publisher) {
        super("Delete Book");

        JPanel panel = new JPanel(new GridLayout(4, 1));
        titleLabel = new JLabel("Title: " + title);
        panel.add(titleLabel);
        authorLabel = new JLabel("Author: " + author);
        panel.add(authorLabel);
        publisherLabel = new JLabel("Publisher: " + publisher);
        panel.add(publisherLabel);

        deleteButton = new JButton("Delete");
        deleteButton.addActionListener(e -> {
            // TODO: tambahkan kode untuk menghapus data buku dari database
            JOptionPane.showMessageDialog(this, "Book deleted successfully.");
        });
        panel.add(deleteButton);

        setContentPane(panel);
        pack();
        setDefaultCloseOperation(JFrame.DISPOSE_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
}

Program ini akan menampilkan jendela konfirmasi untuk menghapus data buku yang sudah tersimpan dalam database.

Jendela ini akan menampilkan judul, penulis, dan penerbit buku yang akan dihapus.

Saat tombol “Delete” ditekan, program akan menghapus data buku dari database.

#5 Contoh Program Java Netbeans Perpustakaan

Program untuk Mencari Data Buku

Code:

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class SearchBook extends JFrame {
    private JTextField searchField;
    private JButton searchButton;

    public SearchBook() {
        super("Search Book");

        JPanel panel = new JPanel(new BorderLayout());
        searchField = new JTextField();
        panel.add(searchField, BorderLayout.CENTER);

        searchButton = new JButton("Search");
        searchButton.addActionListener(e -> {
            String query = searchField.getText();
            // TODO: tambahkan kode untuk mencari data buku dari database berdasarkan query
            JOptionPane.showMessageDialog(this, "Search results for \"" + query + "\".");
        });
        panel.add(searchButton, BorderLayout.EAST);

        setContentPane(panel);
        pack();
        setDefaultCloseOperation(JFrame.DISPOSE_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
}

Program ini akan menampilkan jendela untuk mencari data buku berdasarkan query yang dimasukkan pengguna.

Jendela ini terdiri dari satu field input dan tombol “Search”.

Saat tombol “Search” ditekan, program akan mencari data buku dari database berdasarkan query dan menampilkan hasil pencarian dalam jendela pesan dialog.

#6 Contoh Program Java Netbeans Perpustakaan

Program untuk Meminjam Buku

Code:

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class BorrowBook extends JFrame {
    private JTextField titleField, borrowerField;
    private JButton borrowButton;

    public BorrowBook(String title) {
        super("Borrow Book");

        JPanel panel = new JPanel(new GridLayout(3, 2));
        panel.add(new JLabel("Title:"));
        titleField = new JTextField(title);
        titleField.setEditable(false);
        panel.add(titleField);
        panel.add(new JLabel("Borrower:"));
        borrowerField = new JTextField();
        panel.add(borrowerField);

        borrowButton = new JButton("Borrow");
        borrowButton.addActionListener(e -> {
            String borrower = borrowerField.getText();
            // TODO: tambahkan kode untuk menyimpan data peminjaman ke database dan mengubah status buku menjadi dipinjam
            JOptionPane.showMessageDialog(this, "Book borrowed successfully.");
        });
        panel.add(borrowButton);

        setContentPane(panel);
        pack();
        setDefaultCloseOperation(JFrame.DISPOSE_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
}

Program ini akan menampilkan jendela untuk meminjam buku dari perpustakaan.

Jendela ini terdiri dari dua field input, yaitu judul buku dan nama peminjam, serta tombol “Borrow” untuk menyimpan data peminjaman ke database dan mengubah status buku menjadi dipinjam.

#7 Contoh Program Java Netbeans Perpustakaan

Program untuk Mengembalikan Buku

Code:

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class ReturnBook extends JFrame {
    private JLabel titleLabel, borrowerLabel;
    private JButton returnButton;

    public ReturnBook(String title, String borrower) {
        super("Return Book");

        JPanel panel = new JPanel(new GridLayout(3, 1));
        titleLabel = new JLabel("Title: " + title);
        panel.add(titleLabel);
        borrowerLabel = new JLabel("Borrower: " + borrower);
        panel.add(borrowerLabel);

        returnButton = new JButton("Return");
        returnButton.addActionListener(e -> {
            // TODO: tambahkan kode untuk mengubah status buku menjadi tersedia dan menghapus data peminjaman dari database
            JOptionPane.showMessageDialog(this, "Book returned successfully.");
        });
        panel.add(returnButton);

        setContentPane(panel);
        pack();
        setDefaultCloseOperation(JFrame.DISPOSE_ON_CLOSE);
        setLocationRelativeTo(null);
        setVisible(true);
    }
}

Program ini akan menampilkan jendela untuk mengembalikan buku yang dipinjam dari perpustakaan.

Jendela ini akan menampilkan judul buku dan nama peminjam, serta tombol “Return” untuk mengubah status buku menjadi tersedia dan menghapus data peminjaman dari database.

Penutup, Contoh Program Java Netbeans

Demikianlah contoh program Java Netbeans untuk perpustakaan yang saya bagikan pada artikel ini.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat membantu para pengelola perpustakaan dalam mempermudah manajemen buku dan peminjaman.

Namun, perlu diingat bahwa program ini masih sederhana dan memiliki ruang untuk dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan masing-masing perpustakaan.

Dalam pengembangan aplikasi Java, Netbeans merupakan salah satu IDE yang populer dan menyediakan berbagai fitur yang mempermudah proses pengembangan.

Jika Anda tertarik untuk terus memperdalam kemampuan pemrograman Java dan penggunaan Netbeans, banyak sumber daya yang tersedia di internet untuk dipelajari dan dipraktikkan.

Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan inspirasi dalam pengembangan aplikasi Java Netbeans. Terima kasih telah membaca!