HowTo

15+ Kekurangan dan Kelebihan Macbook Untuk Arsitek

×

15+ Kekurangan dan Kelebihan Macbook Untuk Arsitek

Sebarkan artikel ini

Yowatech.id – Kekurangan dan Kelebihan Macbook Untuk Arsitek. Finalitas yang dirasakan dalam memilih komputer kerja membuat pilihan ini sulit, terutama bagi siswa yang baru memulai. Komputer yang Anda gunakan sejak awal karir arsitektur Anda akan menjadi komputer yang biasa Anda gunakan. Saat Anda menguasai perangkat lunak asli komputer, menavigasi keanehan teknisnya dan belajar mencintai perangkat keras Anda, sangat mungkin Anda akan menggunakan jenis komputer dalam membuat arsitektur.

Baca Juga: Rekomendasi iPhone: Editing, Game, Social Media Terbaru

Advertise
Advertise

Mengapa Desainer Lebih memilih Macbook?

Kembali di tahun-tahun awal Mac berada di garis depan revolusi penerbitan desktop, mengalahkan saingan PC dalam hal akurasi warna dan tipografi. Perbedaan antara macOS dan Windows tidak terlalu mencolok akhir-akhir ini dan kompatibilitas file biasanya kuat saat menggunakan suite yang tersedia di kedua sistem, seperti Adobe Creative Cloud . Meskipun demikian, Mac masih disukai oleh sebagian besar desainer.

Ini karena beberapa faktor: keandalan; aplikasi niche yang sangat baik hanya tersedia untuk Mac (seperti Sketch) Mac terlihat jauh lebih bagus daripada PC.

Baca Juga: Spesifikasi Android Harga Murah: Untuk Game, Multitasking, Editing

Apa yang dibutuhkan Desainer dari Macbook

Pergeseran yang sangat cepat menuju digital semakin memperumit masalah. Satu dekade yang lalu, reproduksi warna yang sempurna mungkin menjadi perhatian utama seorang desainer ketika harus membeli kit baru. Tapi hari ini, desainer semakin cenderung bekerja pada desain berbasis layar dengan pekerjaan mereka mungkin ditakdirkan untuk dilihat pada tampilan dari segala bentuk dan ukuran. Dengan mengingat hal ini, pilihan tampilan dapat menjadi sangat penting bagi seorang desainer, yang mungkin tertarik pada tampilan 5K atau bahkan 6K. 

READ  Cara Mengatasi Sorry This PC Doesn't Hardware Recording

Dua hal yang tidak benar-benar berubah selama bertahun-tahun adalah kecenderungan aplikasi desain yang haus RAM, dan untuk sebagian besar proyek desain memerlukan jumlah penyimpanan yang cukup besar. Dalam kedua kasus tersebut, Anda tidak dapat lagi menambahkan RAM atau penyimpanan tambahan di kemudian hari, jadi Anda mungkin perlu mengonfigurasinya pada saat pembelian.

Apakah PC atau Mac Lebih Baik Untuk Arsitektur?

Sebagian besar jawaban tentang penggunaan PC berbasis windows benar tetapi kemajuan terbaru pada platform Mac telah membuat pekerjaan CAD menjadi lebih mudah. Faktanya, Autocad sekarang tersedia di Mac dan bekerja dengan sangat baik jika penekanan Anda adalah pada gambar teknis, bukan pada gambar desain.

Kelebihan Macbook Untuk Arsitek

Memiliki Kualitas yang Bagus

Pertanyaan tentang kualitas bangunan sangat penting bagi mahasiswa arsitektur dan arsitek yang berpraktik, karena kami menghabiskan hari-hari kami di antara rumah, kantor, kedai kopi, dan kafe. Laptop kami harus bertahan dalam perjalanan bersama kami, jadi sangat penting untuk membeli komputer yang dapat menahan kerasnya kehidupan sehari-hari.

Apakah Macbook Pro Bagus Untuk Mahasiswa Arsitektur

Mac sangat bagus untuk desain grafis, tetapi apa yang harus didapatkan oleh para desainer? Mac ini menawarkan grafis, RAM, dan prosesor yang dibutuhkan pengguna kreatif. Jadi, Anda menginginkan Mac untuk pekerjaan desain grafis Anda. Di bawah ini kami akan memandu Anda melalui mengapa Mac bagus untuk desain grafis, kami akan memeriksa komponen yang berbeda (RAM, grafik, dan penyimpanan) dan akan menawarkan saran tentang spesifikasi ideal untuk Mac desainer.

Kompatibilitas Software

Secara historis, sementara OS Apple berjalan sempurna dengan perangkat kerasnya sendiri, sistem tertutup ini menyebabkan pilihan yang lebih terbatas dalam hal perangkat lunak — fakta yang telah lama menjadi kelemahan para arsitek. Di masa lalu, pengembang perangkat lunak besar seperti Autodesk dan Bentley membuat perangkat lunak CAD hanya untuk PC, sementara pengguna Mac terbatas pada (yang diakui sangat baik) ArchiCAD atau Vectorworks untuk kebutuhan penyusunan mereka.

READ  Urutan Prosesor HP Terbaik Untuk Gaming

Keamanan dan Bebas dari Berbagai (Malware / Virus)

Mac dianggap lebih aman daripada PC karena lebih sedikit virus yang dirancang untuk menyerang mereka. Alasannya adalah karena sekitar 75% komputer di dunia adalah PC. Oleh karena itu, peretas dan penjahat dunia maya melihat lebih sedikit nilai dalam menyerang Mac.

Ini mungkin benar, tetapi seharusnya tidak menjadi dasar sistem operasi mana yang digunakan. Praktik internet yang aman dan perangkat lunak anti-virus selalu merupakan pilihan terbaik, dan menggunakan Mac tidak akan melindungi Anda dari penipuan phishing.

Performance yang Bagus, Untuk Rendering 3D

Ada mitos bahwa Mac mengungguli PC, tetapi kinerja laptop tergantung pada spesifikasinya. Ada lebih banyak pilihan PC yang tersedia, dan PC anggaran tentu saja akan mengungguli Mac. Dapat dikatakan bahwa Mac memiliki optimasi yang lebih baik karena rentang kecil produk yang diproduksi oleh Apple. Ini berarti bahwa perangkat lunak dapat dirancang untuk bekerja secara khusus untuk mesin ini.

Memiliki Banyak Pilihan, Inovasi & Fitur yang Lengkap


Karena Apple hanya membuat sejumlah kecil produk, pilihannya terbatas. Beberapa inovasi luar biasa sedang terjadi saat ini di dunia laptop. Asus baru saja merilis laptop layar ganda, dan sekarang banyak PC yang memiliki layar sentuh. Fitur-fitur ini sama sekali tidak penting untuk laptop tetapi dapat membuat hidup Anda lebih mudah sebagai seorang desainer.

Macbook Pro memiliki layar sentuh, Ini yang sangat membantu Anda dalam pekerjaan arsitektur. Anda juga dapat menggambar langsung ke layar dengan stylus. Fitur ini bermanfaat dengan aplikasi seperti Photoshop.

Kekurangan Macbook Untuk Arsitek

Software Arsitektur Apa yang Tidak Tersedia di Mac?

Revit adalah program pemodelan 3D dan banyak digunakan oleh arsitek di seluruh dunia. Ini adalah perangkat lunak pemodelan informasi bangunan (BIM) yang digunakan di semua fase desain, memungkinkan kolaborasi antara arsitek dan disiplin ilmu lain seperti insinyur.

READ  Cara Menghapus Recent File di Macbook

Microstation Mirip dengan Revit, Microstation adalah paket perangkat lunak BIM yang digunakan oleh arsitek dan insinyur. Ini kurang banyak digunakan oleh arsitek daripada Revit. Biasanya digunakan untuk proyek infrastruktur skala besar seperti stasiun kereta api dan bandara.

3ds Max. juga merupakan program pemodelan 3D. Namun, lebih umum digunakan oleh arsitek untuk membuat visualisasi dan animasi dari desain mereka.

Perangkat Lunak Alternatif
Meskipun perangkat lunak yang disebutkan di atas populer di komunitas arsitektur, ada banyak alternatif yang melakukan hal yang sama. Banyak pengguna jarang menggunakan Revit atau 3ds Max, dan dibawah ini merupakan software yang banyak digunakan seorang arsitektur selama puluhan tahun:

  • ArchiCAD dan Vectorworks adalah 2 alternatif untuk Revit dan Microstation.
  • Cinema 4D dan Blender adalah alternatif yang layak untuk 3ds Max untuk rendering arsitektur (dan Blender gratis!)

Customization and Upgrading

Hal lain yang membedakan PC / Laptop dan Mac adalah kemampuan untuk mengupgrade hardware. Biasanya pengguna PC dapat menambahkan lebih banyak RAM, menambah lebih banyak penyimpanan, atau mengganti kartu grafis mereka. Kemampuan untuk menyesuaikan laptop ini bermanfaat dan memungkinkan pengguna untuk meningkatkan perangkat keras mereka saat tuntutan mereka berubah.

Kesimpulan Macbook Vs PC, Laptop Windows

Memilih Mac dan PC / Laptop keduanya merupakan opsi yang layak untuk arsitektur. Anda perlu mencari tahu apa persyaratan dan budget Anda dan memilih keputusan berdasarkan itu. Banyak pengguna suka menggunakan MacBook Pro di tempat kerja; kualitas pembuatannya fantastis, kinerjanya bagus, dan itu hanya bagian dari desain yang indah. Di sisi lain, laptop atau PC Windows juga amat bagus digunakan dan pastinya, harga jauh lebih murah.

Jika Anda mampu membelinya, maka tentu saja, pilihlah Macbook. Tetapi memilih PC / Laptop dengan spesifikasi juga akan memberi Anda lebih banyak pilihan dan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Membangun Kualitas Desain: Salah satu alasan mengapa beberapa orang bersedia membeli MacBook adalah kualitas build yang tinggi dan desain yang indah. Semua laptop Apple memiliki bodi logam penuh, dan terlihat serta terasa hebat. Dengan komponen plastik minimal, mereka sangat tahan lama dan tidak mungkin rusak oleh penggunaan sehari-hari. Sumber: macworld

Baca Juga: